Cara Merebus Daun Sirih Untuk Keputihan

Daun sirih salah satu tanaman obat yang bisa dijadikan obat keputihan alami, dan berikut adalah cara merebus daun sirih untuk keputihan yang baik dan benar.

Cara Merebus Daun Sirih Untuk Keputihan

Cara Merebus Daun Sirih Untuk Keputihan Yang Baik Dan Benar

Keputihan merupakan salah satu masalah yang sering dan banyak dialami oleh para wanita. Akan tetapi keputihan yang terjadi secara berlebihan akan sangat mengganggu dan patut diwaspadai dan segera diatasi karena keputihan berlebih merupakan salah satu indikasi atau gejala kanker serviks.

Terjadinya keputihan berlebih bisa menyebabkan arena kewanitaan terasa gatal, timbul ruam hingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

Tidak hanya itu, keputihan berlebih juga bisa menyebabkan keluarnya cairan kental dan berwarna hingga nyeri saat buang air kecil

Kondisi tersebut jelas akan membuat risih dan penderita merasa tidak nyaman. Sehingga mencari berbagaicara untuk mengatasinya.

Selain itu, hal yang perlu diwaspadai dan diketahui adalah keputihan berlebih tanpa penanganan dan pengobatan yang serius bisa mengakibatkan terjadinya kemandulan, hamil diluar kandungan hingga mengakibatkan kanker leher rahim.

Untuk itu, jangan pernah anggap sepele gejala keputihan berlebih segera atasi dan obati dengan tuntas sehingga komplikasi buruk akibat keputihan bisa anda hindari.

Salah satu bagaimana cara mengobati keputihan berlebih yang bisa anda lakukanadalah dengan memanfaatkan daun sirih salah satunya ialah dengan cara merebusnya.

Cara Merebus Daun Sirih Untuk Keputihan

Daun sirih mernjadi salah satu tanaman obat yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi masalah keputihan berlebih, asal digunakan dengan tepat. Mengingat penggunaan yang tidak tepat justru bisa membuat keputihan yang dialami semakin parah.

Daun sirih terbukti dapat mengatasi keputihan karena didalamnya terkandung minyak atsiri, estragol, kavibetol, propane, caryophyllene, cadinene, pati, tannin, diastase, cyneole, gula, seskuterena dan eugenol.

Kandungan tersebut terbukti mampu membantu mengatasi masalah keputihan berlebih pada wanita secara tuntas. Lebih dari itu sifat analgesic didalam daun sirih dapat membantu meringankan rasa nyeri akibat datang bulan serta kandungan tanin dalam daun sirih merah dapat membantu mengurangi cairan pada miss V.

Nah, untuk anda yang ingin mendapatkan khasiat dan manfaat dari daun sirih tersebut maka anda bisa mengolah dengan cara merebusnya.

Berikut ini adalah bagaimana cara merebus daun sirih merah untuk keputihan yang baik dan benar sehingga hasil yang didapatkan maksimal.

  1. Ambil 5 lembar daun sirih merah atau hijau yang masih bagus, cuci bersih dengan air yang mengalir dan sampai benar-benar bersih.
  2. Masukkan daun sirih yang sudah bersih tadi ke dalam panci stainless steel yang bersih dan bertutup.
  3. Tambahkan 500-600ml air.
  4. Panaskan diatas api sedang hingga mendidih. Lalu kecilkan api, dan lanjutkan memanaskan selama 5-10 menit.
  5. Setelah itu angkat dan diamkan hingga air rebusan tidak terlalu panas.
  6. Air rebusan bisa langsung digunakan dalam kondisi hangat.

Cara Pemakaian Air Rebusan Daun Sirih

  • Sebelumnya, bersihkan dulu area-V dengan sabun khusus yang ber-pH seimbang, dan bilas hingga tidak ada sabun yang tersisa.
  • Gunakan rebusan daun sirih untuk bilasan akhir.
  • Untuk mendapatkan hasil yang baik, gunakan air rebusan ini saat mandi pagi dan sore, atau malam hari sebelum tidur.

Untuk anda yang tidak memiliki waktu untuk membuat air rebusan daun sirih maka anda bisa membeli ramuan ekstrak daun sirih di pasaran dengan mudah. Namun akan lebih baik jika anda membuatnya sendiri dirumah karena bahan yang digunakan asli tanpa campuran sehingga akan lebih unggul.

Demikianlah informasi singkat tentang bagaimana cara merebus daun sirih untuk keputihan ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda. SELAMAT MENCOBA !

Jangan lupa bagikan artikel ini jika anda rasa bermanfaat agar lebih banyak orang tahu dan semoga ini menjadi kebaikan untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *