Ciri Keputihan Gejala Kanker Serviks

Keputihan adalah salah satu gejala kanker serviks lalu seperti apa tanda atau ciri keputihan gejala kanker serviks ? wanita wajib tahu ini, berikut kami berikan informasinya untuk anda silahkan disimak.

Ciri Keputihan Gejala Kanker Serviks

Tanda Atau Ciri Keputihan Gejala Kanker Serviks

Keputihan merupakan hal yang biasa pada wanita sehingga tidak semua keputihan merupakan tanda atau gejala adanya masalah pada kesehatan reproduksi wanita seperti kanker serviks contohnya.

Ada dua jenis keputihan yakni keputihan normal dan keputihan berlebih yang tentunya membahayakan jika tidak segera diatasi.

Keputihan pada wanita adalah kondisi dimana keluarnya cairan dari organ genetikal secara berlebihan. Normalnya cairan yang keluar adalah jernih namun pada kondisi tertentu bisa juga cairan berwarna kekuningan dan kental seperti lendir namun tidak disertai gatal dan berbau.

Secara umum wanita mengalami keputihan ketika memasuki masa subur, sebelum atau sesudah menstruasi dan pada saat wanita hamil. Tidak hanya itu keputihan juga bisa dialami oleh wanita yang memilliki aktivitas fisik cukup berat.

Sebabnya munculnya keputihan adalah karena jamur, bakteri dan virus. Salah satu jamur penyebab keputihan adalah candida albicans yang dapat menyebabkan gatal pada sekitaran vulva.

Keputihan yang disebabkan karena jamur biasanya memiliki warna putih susu, berbau, gatal dan cairan lebih kental.

Sementara itu nama bakteri penyebab keputihan secara umum adalah bacterual vaginosis dimana keputihan akibat bakteri ini ialah menimbulkan rasa gatal dan menimbulkan buih serta berwarna keabuan.

Penderita harus berhati-hati terhadap keputihan karena bakteri mengingat keputihan akibat bakteri bisa menyebabkan terjadinya penyakit kelamin.

Nah yang perlu sangat diperhatikan adalah ketika keputihan disebabkan oleh penyakit kanker serviks, dimana keputihan jenis harus benar-benar diatasi dengan segera karena berbaya.

Ciri Keputihan Gejala Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan penyakit pembunuh wanita setelah kanker payudara, penyebabnya adalah virus human papilloma virus (HPV) yang menyerang leher rahim. Penyakit ini rentan dialami oleh wanita yang sering bergonta ganti pasangan.

Celakanya kanker serviks termasuk kedalam penyakit yang tidak menimbulkan gejala diawal kemunculannya sehingga penderita baru terdeteksi menderita penyakit serviks dengan penyakit sudah menyerbar ke jaringan disekitarnya sehingga lebih sulit untuk ditangani.

Salah satu tanda atau gejala ketika kanker serviks sudah menyebar dan mempengaruhi jaringan disekitarnya adalah penderita mengalami keputihan. Lalu seperti apa ciri keputihan gejala kanker serviks ?

Seperti apa yang telah kami sebutkan diatas bahwa keputihan normal adalah ketika cairan yang keluar berwarna bening dan tidak menimbulkan rasa gatal serta berbau.

Sementara itu ciri keputihan gejala kanker serviks adalah wanita akan mengalami keputihan berupa cairan yang keluar banyak dan berbau seperti bau anyir dan bau amis yang kemudian menimbulkan rasa gatal pada area kewanitaan.

Selain itu jika penyakit kanker serviks sudah lebih berbahaya maka keputihan akan disertai munculnya flek atau bercak darah.

Dianjurkan segera melakukan pemeriksaan diri ke dokter atau mengunjungi pusat kesehatan terdekat jika kondisi tersebut dialami oleh setiap wanita, utamanya wanita yang memiliki resiko tinggi terkena penyakit kanker serviks seperti :

  • Melakukan hubungan badan diusia dini
  • Sering bergonta ganti pasangan
  • Merokok
  • Minum pil kontrasepsi atau KB lebih dari lima tahun

Terlebih selain mengalami keputihan, penderita juga mengalami gejala yang menyertai seperti :

  • Mengalami sakit pada bagian pelvis
  • Pendarahan pada pelvis
  • Buang air kecil terasa sakit

Maka wanita yang mengalami keputihan disertai kondisi diatas maka wajib menjalani pemeriksaan kanker serviks guna mengatahui apakah dirinya terkena kanker serviks atau tidak.

Demikianlah informasi singkat tentang ciri keputihan gejala kanker serviks ini semoga apa yang telah disampaikan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta menambah wawasan anda, jangan lupa tinggalkan komentar dan bagikan artikel ini jika anda rasa bermanfaat. SALAM SEHAT !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *