Ciri Keputihan Karena Bakteri

Ada infeksi bakteri merupakan salah satu penyebab keputihan dan berikut ini adalah tanda atau ciri keputihan karena bakteri yang perlu segera diatasi dengan tuntas, karena jika tidak bisa menimbulkan komplikasi seperti infeksi menular seksual, radang panggul serta kelahiran bayi prematur jika terjadi pada wani hamil.

Ciri Keputihan Karena Bakteri

Ciri Keputihan Karena Bakteri

Anda perkembangan dan pertumbuhan bakteri pada organ kewanitaan merupakan salah satu penyebab keputihan pada wanita, dalam istilah medis kondisi tersebut disebut dengan istilah Vaginosis bakterialis yang bisa menyebabkan keseimbangan bakteri dalam organ kewanitaan tersebut menjadi terganggu.

Pada dasarnya setiap wanita bisa mengalami Vaginosis bakterialis akan tetapi kasusnya lebih sering terjadi dan dialami oleh wanita yang masih dalam masa subur.

Penyebab Vaginosis bakterialis

Didalam organ kewanitaan terdapat bakteri baik bernama lactobacillus yang dapat membantu membatasi pertumbuhan bakteri jahat ( misal : bakteri anaerob ) dengan cara menjaga keasaman organ tersebut.

Nah jika wanita mengalami vaginosis bakterialis makan jumlah dari bakteri baik tersebut akan lebih sedikit dibandingkan dengan bakteri jahat sehingga timbullah masalah berupa terjadinya keputihan tidak normal karena tidak seimbangnya pertumbuhan bakteri.

( Baca : Bahaya Keputihan Tidak Normal )

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab terjadinya ketidak seimbangan pertumbuhan bakteri tersebut, akan tetapi ada sejumlah faktor yang diduga menjadi penyebab meningkatnya risiko wanita terkena vaginosis bakterialis diantaranya :

  • Menggunakan kontrasepsi spiral atau intrauterine device (IUD).
  • Melakukan douching atau teknik pembersihan vagina dengan cara disemprot.
  • Merokok.
  • Sering bergonta-ganti pasangan seksual.

Vaginosis bakterialis bukanya penyakit mematikan karena tidak terlalu berbahaya dan cenderung mudah untuk diobati, namun walaupun begitu jangan pernah anggap sepele segera atasi dengan tuntas karena jika tidak vaginosis bakterialis bisa menimbulkan komplikasi yang cukup berat seperti : infeksi menular seksual, penyakit radang panggul, dan kelahiran prematur pada ibu hamil.

Ciri Keputihan Karena Bakteri ( Vaginosis Bakterialis )

Gejala utama dari penyakit vaginosis bakterialis adalah penderita akan mengalami keputihan abnormal yakni keputihan yang tidak normal.

Berikut ini adalah beberapa tanda atau ciri keputihan karena bakteri ( vaginosis bakterialis ) yakni :

  • Keputihan berwarna kelabu atau putih
  • Cairan yang keluar bertekstur encer
  • Keputihan mengeluarkan bau sangat amis
  • Keluar cairan bau amis setelah berhubungan suami isteri
  • Miss V terasa nyeri dan gatal
  • Perih saat buang air kecil

Segera periksaan diri kepada dokter jika saat ini anda mengalami keputihan dengan kondisi seperti diatas guna mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat sehingga komplikasi atasu bahaya yang bisa terjadi bisa dihindari.

Secara medis pengobatan keputihan karena bakteri biasnya dokter akan meresepkan antibiotik contonya metronidazole.

Pada sebagian orang, penggunaan metronidazole dapat menimbulkan efek samping, seperti:

  • Rasa logam di mulut
  • Mual
  • Hilang nafsu makan
  • Muntah

Untuk mengindari efek samping tersebut maka sebaiknya pada saat mengkonsumsi obat antibiotik tersebut jangan mengkonsumsi alkohol, atau yang lebih aman anda bisa memiliki pengobatan secara alternatif yakni dengan konsumsi obat keputihan herbal.

Demikianlah informasi singkat tentan ciri keputihan karena bakteri ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih sudah berkunjung dan menyimak, jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

Sumber materi :
http://www.alodokter.com/vaginosis-bakterialis

Baca Juga :
Keluar Cairan Putih Susu Saat Berhubungan Intim
Keputihan Berwarna Putih Susu Kental Dan Lengket
Penyebab Keputihan Gatal Dan Bau Tak Sedap Pada Vagina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *